Hewan Dan Tumbuhan yang Bisa dimakan Keadaan Survival di Hutan - Puncak Petualang | Rental Alat Outdoor Hiking Sidoarjo Surabaya | Rental Alat Camping | Tenda Dome

Breaking

  • Kami menerima sewa untuk kegiatan sekolah / grup / kampus / instansi, Dll | Buka Jam 08.00 - 21.00 WIB

Hewan Dan Tumbuhan yang Bisa dimakan Keadaan Survival di Hutan

Pengetahuan survival penting karena perilaku alam kerap sulit diprediksi, walaupun kita telah mempersiapkan segala sesuatu secermat mungkin. Misalnya outdoor gear, peta lokasi, kompas, global positioning system (alat untuk mengetahui posisi sesaat dengan bantuan satelit), alat komunikasi (HT, HP),bekal, dan obat- obatan, dan lain-lain.
Menurut para ahli, 10% dari jenis tumbuhan berbunga di dunia ada di Negeri kita. Artinya kita memiliki sekitar 25.000 jenis tumbuhan berbunga.

Jika ditambah dengan tumbuhan tak berbunga dan jamur, maka jumlahnya akan jauh lebih banyak lagi. Sebagian dari ilmu survival itu adalah pengetahuan tentang aneka tumbuhan liar yang layak dan aman untuk dimakan. Tumbuhan yang daun, bunga, buah, atau umbinya biasa dimakan oleh binatang liar, kita bisa mengkonsumsinya.

Jenis-Jenis Tumbuhan dan Buah Buahan Yang Dapat Dikonsumsi Saat Survival

  • Jenis jambu-jambuan yang masuk dalam keluarga Myrtaceae. 

Ciri-nya adalah daunnya berbau agak amis jika diremas. Bunganya memiliki banyak sekali benang sari dengan buah yang enak dimakan. Tumbuhan semak dari keluarga begonia juga bisa dimakan.Daun begonia umumnya berbentuk jantung tidak simetris. Beberapa jenis dijadikan tanaman hias. Bila tangkai daunnya yang masih muda dikupas dan dimakan, rasanya masam dan sedikit pahit.

Keluarga palem-paleman, misalnya kelapa, kelapa sawit, sagu, nipah, aren, dan siwalan. Bukan hanya bagian umbutnya (bagian ujung batang muda dan berwarna putih) yang bisa dimakan, tapi juga buahnya (seperti kelapa dan siwalan) menjadi penyumbang energi yang cukup besar saat survival diwaktu mendaki gunung.
Keluarga rumput-rumputan seperti tebu dan beberapa jenis bambu, rebungnya enak dimakan.
Pisang hutan bisa langsung dikonsumsi.
Jenis paku-pakuan tunas dan daun mudanya enak dimakan. Tumbuhan ini biasanya tumbuh di tempat yang lembap dan tinggi.
Tumbuhan yang buahnya juga bisa dimakan misalnya markisa( Passiflora sp.). Beberapa anggota keluarga sirsak( Annonaceae), misalnya Annona muricata, daging buahnya segar. Buah lainnya semisal senggani ( Melastoma sp.), arbei hutan ( Rubus), dan anggur hutan. Hindari warna mencolok Selain tumbuhan di atas.
Beberapa jenis keladi umbinya bisa dimakan, meski pada jenis lain umbinya menyebabkan gatal di mulut dan bibir. Maka dianjurkan untuk tidak sembarangan memakan keladi hutan. Sebaiknya dicoba dulu dalam jumlah kecil. Jenis yang kedua ini misalnya gadung( Dioscorea hispida), yang beracun, walau tetap dapat dimakan setelah melalui proses pengolahan khusus.
Hindari makan iles-iles ( Amorphophallus sp.) Tumbuhan merambat dan melilit di pohon lain, bisa dimakan jika lilitan batang ke arah kanan (searah dengan jarum jam). Di antaranya gembili ( Dioscorea aculeata), gembolo ( Dioscorea bulbifera), ubi rambat. Tapi bila arah lilitannya ke kiri (berlawanan arah jarum jam) dan batangnya berduri, harus ekstrahati-hati.
Sementara, tumbuhan yang berbau tidak sedap dan bisa membuat pusing, serta tidak disentuh oleh binatang liar, sebaiknya jangan disentuh. Juga tumbuhan bergetah yang membikin kulit gatal, hindari saja Tumbuhan lain yang perlu dihindari adalah tanaman yang daunnya bergetah pekat, berwarna mencolok, berbulu, atau permukaannya kasar. Tanaman dengan daun yang keras atau liat juga jangan dikonsumsi. Jika mendapatkan
Tumbuhan kemaduh ( Laportea stimulans) waspadalah lantaran bulu pada daunnya membuat kulit gatal dan panas. Buah senggani ( Melastoma sp.) boleh dimakan.
Dan lain-lain.

Jenis-Jenis Hewan yang bisa dikosumsi saat melakukan Survival.

Sumber – sumber makanan yang bisa dimakan ketika berada di hutan yang bisa anda jadikan bahan pengetahuan sebelum memulai petualangan :

  • Larva kumbang.

Biasanya larva ini hidup di dalam kayu yang membusuk. Mereka bisa disantap langsung. Namun bila jijik, silakan dibakar di atas kayu bakar.

  • Burung.

Semua jenis burung bisa dimakan, Anda bisa membakarnya di atas api unggun sebelum dimakan.Tapi ada satu hal yang perlu diperhatikan. Jangan pernah memakan burung pemakan bangkai, seperti burung nasar karena rasanya tidak enak

  • Rayap.

Serangga yang biasa ditemukan di kayu ini bisa dimakan. Ada yang mengatakan rasanya seperti selai kacang Rayap juga menjadi pilihan makanan yang baik karena mengandung protein yang cukup tinggi 

  • Katak.

Biasanya bagian yang diambil adalah kaki karena memiliki daging yang tebal. Namun, ada hal yang penting diingat sebelum menyantap katak. Jangan lupa untuk menguliti tubuhnya sebelum dimakan.

  • Kadal dan ular.

Kaki belakang dan ekor kadal adalah bagian terbaik untuk dimakan. Namun, jika Anda ingin memakan ular, sebaiknya segera potong kepalanya setelah dimatikan karena inilah bagian paling berbahaya.

  • Jangkrik dan belalang.

Jangkring dan belalang adalah cemilan di beberapa negara di dunia, seperti Thailand. Bahkan, warga Gunung Kidul di Yogyakarta pun menjadikan belalang sebagai salah satu bahan makanan.

  • Semut.

Selain jangkrik dan belalang, serangga lain yang bisa Anda jadikan bahan makan adalah semut. Di Thailand, semut adalah salah satu makanan yang dianggap paling lezat. Kumpulkan semut yang ada di hutan, kemudian bakar atau pun goreng di atas wadah.

  • Dan lain-lain.