Peralatan yang Wajib dibawa Mendaki Saat Musim Hujan - Puncak Petualang | Rental Alat Outdoor Hiking Sidoarjo Surabaya | Rental Alat Camping | Tenda Dome

Breaking

  • Kami menerima sewa untuk kegiatan sekolah / grup / kampus / instansi, Dll | Buka Jam 08.00 - 21.00 WIB

Peralatan yang Wajib dibawa Mendaki Saat Musim Hujan

Kali ini Puncak Petualang akan membagikan ilmu yang wajib di bawa saat Hiking di saat musim hujan, justru musim hujan banyak orang yang takut untuk melakukan hiking, sangat terbukti akhir-akhir ini saat Puncak Petualang melakukan pendakian di gunung- gunung sekitar yang sering di jamak pendaki, misal saja Gunung Arjuna, Gunung Penanggungan Dll..., perlengkapan yang wajib di bawa saat pendakian di musim hujan sebagai berikut :


Jas Hujan
Jas hujan atau rain coat merupakan alat wajib yang harus dibawa. Gunakan rain coat yang fleksibel, ringan, dan tidak makan tempat. Pilih bentuk rain coat yang tidak menyulitkan gerak langkahmu.

Cover Bag

Pakailah cover bag untuk menutupi ranselmu. Cover bag berfungsi mengurangi resiko basahnya bagian dalam ransel. Cover bag, tidak menjamin bagian dalam ranselmu tetap kering. Benda berbahan parasut ini hanya sebatas mengurangi resiko saja loh.

Trash Bag

Trash bag alias kantong sampah juga sangat berguna ketika mendaki di musim hujan. Sebelum melakukan packing, masukan terlebih dahulu trash bag untuk melapisi isi trash bag berfungsi sebagai lapisan pelindung berikutnya selain cover bag. Siapkan pula trash bag cadangan jika trash bag utama mulai rusak dan bocor.

Kantong Plastik

Setiap set pakaian masukan ke dalam bungkusan plastik masing-masing agar tidak basah. Sekalipun sudah dilapisi cover bag dan trash bag, tetap saja ada kemungkinan masuknya air ke dalam ransel. Jadi ini pertahanan terakhirmu. Ikat rapat-rapat setiap set pakaian. Ingat, jangan sampai ikatan itu justru malah menyulitkanmu saat membukanya. Plastik bening kiloan juga berguna untuk membungkus perangkat elektronik maupun dompet yang tidak boleh basah sama sekali. Siapkan pula plastik cadangannya yaa.

Korek Anti Air

Gunakan korek anti air agar bisa tetap nyala ketika hendak digunakan dalam keadan basah. Jika tidak ada, siapkan korek gas. Jika saat digunakan tidak bisa menyela, teruslah gesek-gesek putaran korek hingga mengering. Dengan begitu, kamu bisa segera menyalahkan peralatan memasak.

Lap Kanebo

Lap kanebo dibutuhkan untuk mengeringkan tenda. Kok mengeringkan tenda? Ya, pada saat membuka tenda di tengah hujan, kemungkinan besar air akan masuk ke dalam tenda. Jika sudah demikian, saatnya lap kanebo bekerja. Keringkan air yang menggenang di dalam tenda dengan lap kanebo ini.

Termos

Pada saat diterjang hujan dan angin dingin, tubuh membutuhkan kehangatan yang cepat. Oleh karena itu bawalah termos yang berisi minuman panas. Isilah selalu termos di saat yang memungkinkan. Air panas dapat menghindari tubuh dari serangan hipotermia.


Diatas adalah beberapa alat yang wajib di bawa saat mendaki saat musim hujan. Dan juga tidak lupa bawalah sepatu / sandal dengan tingkat kelicinan yang rendah agar terhindar dari jalanan yang licin. Juga jaga kelesamatan dalam mendaki dan juga turun dari gunung.